SILABUS
KELAS XI SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Tujuan | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) | Artikel/ buku · pokok-pokok isi artikel/ buku · hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku | · Membaca artikel/ buku · Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | · Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | Siswa dapat: · Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku/ artikel dari media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
1. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | 3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | Teks berita · Intonasi · Lafal · Sikap membaca | · Mengamati model pembacaan berita · Mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembacaan berita · Berlatih melafalkan suatu suatu kalimat dengan intonasi yang tepat · Berlatih menerapkan sikap yang benar dalam pembacaan berita · Membacakan teks berita di depan teman-teman secara menarik · Memberikan penilaian pembacaan teman | · Membacakan berita dengan intonasi yang baik · Membacakan beritadengan lafal yang jelas · Membacakan berita dengan sikap yang baik | Siswa dapat: · Membacakan berita dengan intonasi yang baik · Membacakan beritadengan lafal yang jelas · Membacakan berita dengan sikap yang baik | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · berita dari media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.2 Menulis surat dagang (penawaran) | Beberapa contoh surat penawaran · ciri-ciri surat penawaran · unsur-unsur surat penawaran | · Mendaftar jenis surat Niaga · Membaca surat penawaran · Menulis surat penawaran sesuai dengan keperluan · Mendiskusikan surat penawaran yang telah dibuat · Memperbaiki surat penawaran tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | · Mendaftar jenis surat Niaga · Menulis surat penawaran sesuai dengan keperluan · Menjelaskan isi surat penawaran · Memperbaiki surat penawaran hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | Siswa dapat · Mendaftar jenis surat Niaga · Menulis surat penawaran sesuai dengan keperluan · Menjelaskan isi surat penawaran · Memperbaiki surat penawaran hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan surat-menyurat · buku EyD · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | 7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat | Teks hikayat · ciri-ciri hikayat · unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) | · Membaca teks hikayat · Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama · Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat · Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | · Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama · Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat · Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | Siswa dapat · Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama · Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat · Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku hikayat · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
1. Memahami berbagai informasi dari khotbah dan wawancara | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi khotbah yang didengar | Sambutan atau khotbah · pokok-pokok isi sambutan · ringkasan sambutan | · Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar · Mengungkapkan isi sambutan secara lisan · Mendengarkan sambutan / khotbah lain dan menyampaikanny secara lisan di depan kelas | · Menemukan dan mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar dalam bebeerapa kalimat · Mengungkapan isi khotbah secara lisan · Menyampaikan ringkasan sambutan secara lisan | Siswa dapat: · Menemukan dan mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar dalam bebeerapa kalimat · Mengungkapan isi khotbah secara lisan · Menyampaikan ringkasan sambutan secara lisan | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · tape/ kaset khotbah · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | Dialog yang berupa tanya jawab · daftar pertanyaan · rangkuman hasil wawancara | · Mengenal istilah yang digunakaan dalam wawancara · Menggunaakan kalimat efektif · Menetapkan topik, tujuan, dan orang yang dituju · Mempersiapkan dafttar pertanyaa dan pertanyaan lanjutan · Melakukan wawancara secara berpasangan dengan teman · Melakukan wawancara dengan tokoh · Menyusun rangkumman wawancaras | · Mengenal istilah yang digunakan dalam wawancara · Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara · Menentukan pertanyaan yang akan dipakai dalam waawancara · Menyebutkan alasn mengapa jenis pertanyaan itu yang dipilih · Menyampikan pertanyaan secara singkat, jelas, dan lantang dengan memperhaatikan santun berbahasa · Membuaat rangkuman hasil wawaancara / diaalog dengan kalimat yang efektif · Menjelskan haasil wawancara | Siswa dapat: · Mengenal istilah yang digunakan dalam wawancara · Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara · Menentukan pertanyaan yang akan dipakai dalam waawancara · Menyebutkan alasn mengapa jenis pertanyaan itu yang dipilih · Menyampikan pertanyaan secara singkat, jelas, dan lantang dengan memperhaatikan santun berbahasa · Membuaat rangkuman hasil wawaancara / diaalog dengan kalimat yang efektif · Menjelskan haasil wawancara | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · tape/ kaset, daftar pertanyaan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.3 Menulis surat kuasa | Beberapa surat kuasa · ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa · unsur-unsur surat kuasa | · Mengenal surat Kuasa · Mendaftar ciri-ciri surat kuasa · Menulis dan memperbaiki surat kuasa · Mendiskusikan surat kuasa yang telah dibuat | · Mengenal surat Kuasa · Mendaftar cirri-ciri surat kuasa · Mencatat hal-hal yang akaan dituliskan dalam surat kuasa · Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan · Menjelaskan isi surat kuasa · Memperbaiki surat kuasa tulisan teman | Siswa dapat: · Mengenal surat Kuasa · Mendaftar cirri-ciri surat kuasa · Mencatat hal-hal yang akaan dituliskan dalam surat kuasa · Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan · Menjelaskan isi surat kuasa · Memperbaiki surat kuasa tulisan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan surat-menyurat · buku EyD · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama | 6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | Naskah drama · gerak (action) · mimik/ pantomimik · blocking · tata panggung · tata busana · tata bunyi · tata lampu | · gerak-gerik bermain drama · Membaca naskah drama deengan lafal, intonasi, dan nada yang jelas · Mengekspresikan watak tokoh | · Memerankan drama disertai gerak-gerik yang tepat · Memmerankan drama dengan lafal, intonasi, nada yang jelas · Mengekspresikan watak tokoh dengan mimik yang tepat | Siswa dapat: · Memerankan drama disertai gerak-gerik yang tepat · Memmerankan drama dengan lafal, intonasi, nada yang jelas · Mengekspresikan watak tokoh dengan mimik yang tepat | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 6 | · buku drama · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan | Sambutan atau khotbah · pokok-pokok isi sambutan · ringkasan sambutan | · Menemukan pokok-pokok isi sambutandan mmenuliskannya dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan isi sambutan | · Mencatat pokok-pokok isi sambutan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan | Siswa dapat · Mencatat pokok-pokok isi sambutan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · tape/ kaset sambutan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.3 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhadap topik tertentu | Dialog yang berupa tanya jawab · daftar pertanyaan · rangkuman hasil wawancara | · Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhaadaap topik tertentu · Memberikan tanggapan atas hal yang dikemukakan narasumber | · Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhdap topik tertentu · Memberika tanggapan terhadap hal yang dikeemukakan narasumber | Siswa dapat: · Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhdap topik tertentu · Memberika tanggapan terhadap hal yang dikeemukakan narasumber | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · tape/ kaset, daftar pertanyaan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan | Contoh proposal · unsur-unsur proposal | · Mendaftar komponen/unsur proposal · Menulis proposal berdasarkan keperluan dan membahasnya untuk perbaikan | · Mendaftar komponen atau unsur-unsur yang harus ada dalamm sebuah proposal · Menulis proposal sesuai dengan keperluan · Membahas hasssil tulisan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan | Siswa dapat: · Mendaftar komponen atau unsur-unsur yang harus ada dalamm sebuah proposal · Menulis proposal sesuai dengan keperluan · Membahas hasssil tulisan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawabansingkat | 6 | · buku yang terkait dengan proposal · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi | Unsur-unsur resensi - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | · mengenal resensi · mencermati prinssip-prisip penulisan resensi · Menulis resensi | · Mengaplikasikan resensi dengan memerhatikan - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | Siswa dapat: · Mengaplikasikan resensi dengan memerhatikan - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan resensi · media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | 3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif | Paragraf yang berpola deduktif dan induktif · kalimat utama · kalimat penjelas · kalimat kesimpulan · ciri paragraf deduktif/ induktif · perbedaan deduktif dengan induktif | · Menentukan kalimaat utamma dan kalimat penjelas dalaam paragraf · Memahami perbedaani paragraf induktif dan deduktif · Menemukan paragraf deduktif dan induktif | · Menetukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf · Menentukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama · Menjelaskn perbedaan antara paragraf yang berpola deduktif dengan paragraf yang berpola induktif | Siswa dapat: · Menetukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf · Menentukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama · Menjelaskn perbedaan antara paragraf yang berpola deduktif dengan paragraf yang berpola induktif | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan paragraf · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara | 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara | Wawancara melalui radio atau televisi · isi pokok wawancara · cara merangkum hasil wawancara | · Mencatat pokok-pokok pembicaraan · Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain | · Mencatat pokok-pokok pembicaraan ( siapa yang berbicara apa isi pembicaraannya) · Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain | Siswa dapat: · Mencatat pokok-pokok pembicaraan ( siapa yang berbicara apa isi pembicaraannya) · Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · wawancara di radio/ televisi · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.4 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca buku | Buku · pokok-pokok isi buku · hal-hal yang menarik dalam buku | · Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan | · Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapaat seendiri · Mengemukan alasan meengapa buku tersebut yang dipilih untuk dibaca | Siswa dapat: · Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapaat seendiri · Mengemukan alasan meengapa buku tersebut yang dipilih untuk dibaca | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi novel sastra atau novel populer | Unsur-unsur resensi - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | · menentukan unsure-unsur yang diresensi · membuat catatan mengeenai hal-hal peenting yang dittulis dlm resensi · menanggapi resensi novel · menyimpulkn resensi novel | · mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi yaittu - identitas buku - kepengarangan - ikhtisaar cerita - bahasa pengarang - keunggulan buku - kelemahan buku
| Siswa dapat: · mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi yaittu - identitas buku - kepengarangan - ikhtisaar cerita - bahasa pengarang - keunggulan buku - kelemahan buku
| Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku novel sastra atau novel populer yang akan resensi · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.5 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) | Artikel/ buku · pokok-pokok isi artikel/ buku · hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku | · Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca · Menjelaskan (secara lisan) dari hasil membaca · Menyampaikan alasaan teerhadap artikel/ buku yang dibaca | · Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapat seendiri · Mengemukan alasan mengapa artikel atau buku tersebut yang dipilih untuk dibaca | Siswa dapat: · Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapat seendiri · Mengemukan alasan mengapa artikel atau buku tersebut yang dipilih untuk dibaca | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku/ artikel dari media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki ·unsur-unsur karya tulis ·daftar pustaka ·catatan kaki | · mengutip pendapat sebagai bahan rujukan · mengintegrasikan kutipan ke dalam teks · menuliskan catatan kakai dalam karya tulis · menulis daftar pustakaa sesuai deengan pedoman | · Mmenyussun krya tulis · Melengkapi kaarya tulis dengan daftar ppustaka dan catatan kaki sesuai dengan pedoman · Memperbaiki pemakaian tanda baca dan ejaan dari tulisan teman | Siswa dapat: · Mmenyussun krya tulis · Melengkapi kaarya tulis dengan daftar ppustaka dan catatan kaki sesuai dengan pedoman · Memperbaiki pemakaian tanda baca dan ejaan dari tulisan teman | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · ulangan · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 6 | · buku yang terkait dengan karya ilmiah · buku EyD · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.6 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | Dialog yang berupa tanya jawab · daftar pertanyaan · rangkuman hasil wawancara | · Mencatat pokok-pokok pembicaaraaan · Meerangkum seluruh isi pembicaraan · Menyampaikan secara lisan isi rangkuman kepada orang laian | · Mencatat pokok-pokok pembicraaan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraan) · Merangkum seeluruh isi pembicraan dalm beberapa kalimat · Menyaampaikan secara lisaan isi rangkumaan kepaaada oranag laain | Siswa dapat: · Mencatat pokok-pokok pembicraaan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraan) · Merangkum seeluruh isi pembicraan dalm beberapa kalimat · Menyaampaikan secara lisaan isi rangkumaan kepaaada oranag laain | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · tape/ kaset, daftar pertanyaan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | Novel Indonesia dan novel terjemahan · unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) · unsur ektrinsik dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll) | · Menceritkan isi novel terjemahn daan novel Indonesia · unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik novel trjemahan · Membandingkan nilaai-nilai novel terjemahan dan novel Indonesia · Meengaitkn nilai-nilai novel Indonesia dan novel teerejemhan dalm keehidupan sehari-hari | · Meenceritakan isi novel terjemahan dan novel Indonesia · Mendisksusikan nili-nili yang ada dlam noveel terjeemahan · Membandingkan nilai-nilai (budya, moral, agama, daan lain-lain) dalam novel terjemahan denga novel Indonesia dengann novel Indonesia · Mmengaaitkan nilaai-nilai tersebut dengan kehidupan sehari-hari | · Meenceritakan isi novel terjemahan dan novel Indonesia · Mendisksusikan nili-nili yang ada dlam noveel terjeemahan · Membandingkan nilai-nilai (budya, moral, agama, daan lain-lain) dalam novel terjemahan denga novel Indonesia dengann novel Indonesia · Mmengaaitkan nilaai-nilai tersebut dengan kehidupan sehari-hari | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · novel Indonesia · novel terjemahan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | 3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif | Paragraf yang berpola deduktif dan induktif · kalimat utama · kalimat penjelas · kalimat kesimpulan · ciri paragraf deduktif/ induktif · perbedaan deduktif dengan induktif | · Membaca intensif untuk mmenemmukan polaa paraagraaf · Menuliskan kesimpulaan polaa paraagraf | · Menemukan pola paragraf deduktif indukttif · Menuliskan kesimpulan paragraf deduktif induktif | Siswa dapat: · Menemukan pola paragraf deduktif indukttif · Menuliskan kesimpulan paragraf deduktif induktif | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan paragraf · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.4 Menulis surat dagang (jual-beli) | Beberapa contoh surat perjanjian jual beli · ciri-ciri surat dagang (jual-beli) · unsur-unsur surat dagang (jual-beli) | · cirri-ciri surat perjanjiaan jual-beli · Menyimpulkn ciri-ciri surt perjanjian · Membuat surat prjanjiaan jual-beli · Memperbaiki surat perjanjian yang ditulis teman | · Mendaftar cirri-ciri surat niaga · Menulis surat perjanjian jual – beli sesuai dengan keperluan · Memperbaiki surat niaga tulisan teman | Siswa dapat: · Mendaftar cirri-ciri surat niaga · Menulis surat perjanjian jual – beli sesuai dengan keperluan · Memperbaiki surat niaga tulisan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan surat-menyurat · buku EyD · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
5. Memahami pementasan drama | 5.1 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | Pementasan drama · gerak (action) · mimik/ pantomimik · blockng · tata panggung · tata busana · tata bunyi · tata lampu | · Meentukan tema drama · Menenetukn tokoh daan peraannya dalam drama · Meneentukan alur drama · Menentukn amanat | · Meneentukan tokoh dan peerannya · Menenetukn konflik dengn menunjukkaan dataa yang mmendukung · Meneentukan latar dan peran latar · Mmenentukan tema dengan alasan · Menentukan pesan dengan data yaang mendudukung · Mengaitkn isi drama dengn kehidupn sehari-hari | Siswa dapat: · Meneentukan tokoh dan peerannya · Menenetukn konflik dengn menunjukkaan dataa yang mmendukung · Meneentukan latar dan peran latar · Mmenentukan tema dengan alasan · Menentukan pesan dengan data yaang mendudukung · Mengaitkn isi drama dengn kehidupn sehari-hari | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · pementasan drama · rekaman video · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan | Sambutan atau khotbah · pokok-pokok isi sambutan · ringkasan sambutan | · Mencatat pokok-pokok sambutan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan | · Mencatat pokok-pokok isi sambutan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan | Siswa dapat: · Mencatat pokok-pokok isi sambutan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · tape/ kaset sambutan · buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar