Total Tayangan Halaman

Sabtu, 10 Desember 2011

silabus bahasa Indonesia kls XI


SILABUS

KELAS XI SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XI
Semester                               :  1

Standar
Kompetensi
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Tujuan
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.1     Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


Artikel/ buku
·    pokok-pokok isi artikel/ buku
·    hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku

·     Membaca artikel/ buku
·      Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
·      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

·      Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Siswa dapat:
·      Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas individu
·       tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·   buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
·   buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
1.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Teks berita
·      Intonasi
·      Lafal
·      Sikap membaca
·      Mengamati model pembacaan berita
·      Mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembacaan berita
·      Berlatih melafalkan suatu suatu kalimat dengan intonasi yang tepat
·      Berlatih menerapkan sikap yang benar dalam pembacaan berita
·      Membacakan teks berita di depan teman-teman secara menarik
·      Memberikan penilaian pembacaan teman
·   Membacakan berita dengan intonasi yang baik
·   Membacakan beritadengan lafal yang jelas
·   Membacakan berita dengan sikap yang baik
Siswa dapat:
·   Membacakan berita dengan intonasi yang baik
·   Membacakan beritadengan lafal yang jelas
·   Membacakan berita dengan sikap yang baik
Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·      berita dari media cetak/ elektronik
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.2     Menulis surat dagang (penawaran)

Beberapa contoh surat penawaran
·      ciri-ciri surat penawaran
·      unsur-unsur surat penawaran


·      Mendaftar jenis surat  Niaga
·      Membaca surat penawaran
·      Menulis surat penawaran sesuai dengan  keperluan
·      Mendiskusikan surat penawaran yang telah dibuat
·   Memperbaiki  surat penawaran tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
·   Mendaftar jenis surat 
Niaga
·   Menulis surat penawaran sesuai dengan keperluan
·   Menjelaskan isi surat  penawaran
·   Memperbaiki  surat penawaran hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Siswa dapat
·   Mendaftar jenis surat 
Niaga
·   Menulis surat penawaran sesuai dengan keperluan
·   Menjelaskan isi surat  penawaran
·   Memperbaiki  surat penawaran hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan surat-menyurat
·      buku EyD
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
7.1   Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

Teks hikayat
·       ciri-ciri hikayat
·       unsur-unsur intrinsik   ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

·       Membaca teks hikayat
·        Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·        Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·        Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

·    Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·    Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·    Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

Siswa dapat
·    Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·    Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·    Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

Jenis Tagihan:
·  tugas individu
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·    buku hikayat
·    buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
1. Memahami berbagai informasi dari khotbah dan wawancara
1.1 Menemukan  pokok-pokok isi   khotbah  yang didengar

Sambutan atau khotbah
· pokok-pokok isi sambutan
· ringkasan sambutan

·     Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar
·   Mengungkapkan isi sambutan secara lisan
·   Mendengarkan sambutan / khotbah lain dan menyampaikanny secara lisan di depan kelas


·   Menemukan  dan mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar dalam bebeerapa kalimat
·   Mengungkapan isi khotbah secara lisan
·   Menyampaikan ringkasan sambutan secara lisan

Siswa dapat:
·   Menemukan  dan mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar dalam bebeerapa kalimat
·   Mengungkapan isi khotbah secara lisan
·   Menyampaikan ringkasan sambutan secara lisan

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
2
·   tape/ kaset 
khotbah
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.2      Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
Dialog yang berupa tanya jawab
·   daftar pertanyaan
·   rangkuman hasil wawancara
·   Mengenal istilah yang digunakaan dalam wawancara
·   Menggunaakan kalimat efektif
·   Menetapkan topik, tujuan, dan orang yang dituju
·   Mempersiapkan dafttar  pertanyaa dan pertanyaan lanjutan
·   Melakukan wawancara secara berpasangan  dengan  teman
·   Melakukan wawancara dengan tokoh
·   Menyusun rangkumman wawancaras

·        Mengenal istilah yang digunakan dalam wawancara
·        Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
·        Menentukan pertanyaan yang akan dipakai dalam waawancara
·        Menyebutkan alasn mengapa jenis pertanyaan itu yang dipilih
·        Menyampikan pertanyaan secara singkat, jelas, dan lantang dengan memperhaatikan santun berbahasa
·        Membuaat rangkuman hasil wawaancara / diaalog dengan kalimat yang efektif
·        Menjelskan haasil wawancara 

Siswa dapat:
·        Mengenal istilah yang digunakan dalam wawancara
·        Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
·        Menentukan pertanyaan yang akan dipakai dalam waawancara
·        Menyebutkan alasn mengapa jenis pertanyaan itu yang dipilih
·        Menyampikan pertanyaan secara singkat, jelas, dan lantang dengan memperhaatikan santun berbahasa
·        Membuaat rangkuman hasil wawaancara / diaalog dengan kalimat yang efektif
·        Menjelskan haasil wawancara 

Jenis Tagihan:
·       tugas kelompok
·       praktik

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·  tape/ kaset, daftar pertanyaan
·  buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah

4.3     Menulis surat kuasa

Beberapa surat kuasa
·      ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
·      unsur-unsur surat kuasa


·      Mengenal surat  Kuasa
·      Mendaftar ciri-ciri surat kuasa
·      Menulis dan memperbaiki surat kuasa 
·      Mendiskusikan surat kuasa yang telah dibuat

·     Mengenal surat 
Kuasa
·         Mendaftar cirri-ciri  surat kuasa
·   Mencatat hal-hal  yang akaan dituliskan  dalam surat kuasa
·   Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan
·   Menjelaskan isi surat kuasa
·   Memperbaiki  surat kuasa tulisan teman

Siswa dapat:
·   Mengenal surat 
Kuasa
·         Mendaftar cirri-ciri  surat kuasa
·   Mencatat hal-hal  yang akaan dituliskan  dalam surat kuasa
·   Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan
·   Menjelaskan isi surat kuasa
·   Memperbaiki  surat kuasa tulisan teman

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan surat-menyurat
·      buku EyD
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


Naskah drama
·  gerak (action)
·  mimik/ pantomimik
·  blocking
·  tata panggung
·  tata busana
·  tata bunyi
·  tata lampu
·   gerak-gerik  bermain drama
·   Membaca naskah drama deengan lafal, intonasi, dan nada yang jelas
·   Mengekspresikan watak tokoh

·   Memerankan drama disertai gerak-gerik yang tepat
·   Memmerankan drama dengan lafal,  intonasi, nada yang jelas 
·   Mengekspresikan watak  tokoh dengan mimik yang tepat

Siswa dapat:
·   Memerankan drama disertai gerak-gerik yang tepat
·   Memmerankan drama dengan lafal,  intonasi, nada yang jelas 
·   Mengekspresikan watak  tokoh dengan mimik yang tepat

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
6

·      buku drama
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan
1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan  

Sambutan atau khotbah
· pokok-pokok isi sambutan
· ringkasan sambutan

·     Menemukan pokok-pokok isi sambutandan mmenuliskannya dalam  beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan isi sambutan


·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

Siswa dapat
·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
2
·   tape/ kaset 
sambutan
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.3      Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhadap topik tertentu 
Dialog yang berupa tanya jawab
·   daftar pertanyaan
·   rangkuman hasil wawancara
·   Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhaadaap topik tertentu
·   Memberikan tanggapan atas hal yang dikemukakan  narasumber


·        Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan  beberapa narasumber terhdap topik tertentu
·        Memberika tanggapan terhadap hal yang dikeemukakan  narasumber

Siswa dapat:
·        Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan  beberapa narasumber terhdap topik tertentu
·        Memberika tanggapan terhadap hal yang dikeemukakan  narasumber

Jenis Tagihan:
·       tugas kelompok
·       praktik

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·  tape/ kaset, daftar pertanyaan
·  buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.1     Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan   

Contoh proposal
·   unsur-unsur proposal


·     Mendaftar komponen/unsur proposal
·    Menulis proposal berdasarkan keperluan dan membahasnya untuk perbaikan


·   Mendaftar  komponen atau unsur-unsur yang harus ada dalamm sebuah proposal
·   Menulis proposal sesuai dengan keperluan
·   Membahas hasssil tulisan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

Siswa dapat:
·   Mendaftar  komponen atau unsur-unsur yang harus ada dalamm sebuah proposal
·   Menulis proposal sesuai dengan keperluan
·   Membahas hasssil tulisan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     ulangan

 Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawabansingkat

6
·      buku yang terkait dengan proposal
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
8.2          Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 
Unsur-unsur resensi
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
·    mengenal resensi
·    mencermati prinssip-prisip penulisan resensi
·    Menulis resensi

·    Mengaplikasikan resensi dengan memerhatikan
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Siswa dapat:
·    Mengaplikasikan resensi dengan memerhatikan
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·      buku yang terkait dengan resensi
·      media cetak/ elektronik
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
3.1   Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

Paragraf  yang berpola deduktif dan induktif
·      kalimat utama
·      kalimat penjelas
·      kalimat kesimpulan
·      ciri paragraf deduktif/ induktif
·      perbedaan deduktif dengan induktif

·     Menentukan kalimaat utamma  dan kalimat penjelas dalaam paragraf
·       Memahami perbedaani paragraf induktif dan deduktif
·       Menemukan  paragraf deduktif dan induktif  

·   Menetukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
·   Menentukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
·   Menjelaskn perbedaan antara paragraf yang berpola deduktif dengan paragraf yang berpola induktif

Siswa dapat:
·   Menetukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
·   Menentukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
·   Menjelaskn perbedaan antara paragraf yang berpola deduktif dengan paragraf yang berpola induktif

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·      buku yang terkait dengan paragraf
·      artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
Wawancara melalui radio atau televisi
·  isi pokok wawancara
·  cara merangkum hasil wawancara

·      Mencatat pokok-pokok pembicaraan
·      Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
·      Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain


·   Mencatat pokok-pokok pembicaraan ( siapa yang berbicara apa isi pembicaraannya)
·   Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain


Siswa dapat:
·   Mencatat pokok-pokok pembicaraan ( siapa yang berbicara apa isi pembicaraannya)
·   Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
2
· wawancara di radio/ televisi
· buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.4     Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca buku


Buku
·    pokok-pokok isi buku
·    hal-hal yang menarik dalam buku

·      Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca
·      Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan

·      Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapaat seendiri
·      Mengemukan alasan meengapa buku tersebut yang dipilih untuk dibaca
Siswa dapat:
·      Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapaat seendiri
·      Mengemukan alasan meengapa buku tersebut yang dipilih untuk dibaca
Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas individu
·       tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·   buku
·   buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
8.2          Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi novel sastra atau novel populer
Unsur-unsur resensi
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
·    menentukan unsure-unsur yang diresensi
·    membuat catatan mengeenai hal-hal peenting yang dittulis dlm resensi
·    menanggapi resensi  novel
·    menyimpulkn resensi novel

·    mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi yaittu
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     ikhtisaar cerita
-     bahasa pengarang
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku

  • Membuat catatan mengenai hal-hal penting yang ditulis dalam reesensi
  • Menanggapi resensi novel  yang disajjikan
  • Mnyimpulkn ressensi yang disajikan (lengkap/tidak lengkap maksudnya)
  • Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi

Siswa dapat:
·    mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi yaittu
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     ikhtisaar cerita
-     bahasa pengarang
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku

  • Membuat catatan mengenai hal-hal penting yang ditulis dalam reesensi
  • Menanggapi resensi novel  yang disajjikan
  • Mnyimpulkn ressensi yang disajikan (lengkap/tidak lengkap maksudnya)
  • Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi

Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·      buku novel sastra atau novel populer yang akan resensi
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.5     Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


Artikel/ buku
·    pokok-pokok isi artikel/ buku
·    hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku

·      Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca
·      Menjelaskan (secara lisan) dari hasil membaca
·      Menyampaikan alasaan teerhadap artikel/ buku yang dibaca

·      Mendata pokok-pokok  yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapat seendiri
·      Mengemukan  alasan mengapa artikel atau buku tersebut yang dipilih untuk dibaca

Siswa dapat:
·      Mendata pokok-pokok  yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah dengan pendapat seendiri
·      Mengemukan  alasan mengapa artikel atau buku tersebut yang dipilih untuk dibaca

Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas individu
·       tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·   buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
·   buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.3     Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
·unsur-unsur karya tulis
·daftar pustaka
·catatan kaki

· mengutip pendapat sebagai bahan rujukan
· mengintegrasikan kutipan ke dalam teks
· menuliskan catatan kakai dalam karya tulis
· menulis daftar pustakaa sesuai deengan pedoman


·   Mmenyussun krya tulis
·   Melengkapi kaarya tulis dengan daftar ppustaka dan catatan kaki sesuai dengan pedoman
·   Memperbaiki pemakaian tanda baca dan ejaan dari tulisan teman

Siswa dapat:
·   Mmenyussun krya tulis
·   Melengkapi kaarya tulis dengan daftar ppustaka dan catatan kaki sesuai dengan pedoman
·   Memperbaiki pemakaian tanda baca dan ejaan dari tulisan teman

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     ulangan
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
6
·  buku yang terkait dengan karya ilmiah
·  buku EyD
·  buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
2.6      Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
Dialog yang berupa tanya jawab
·   daftar pertanyaan
·   rangkuman hasil wawancara
·   Mencatat pokok-pokok pembicaaraaan
·   Meerangkum seluruh isi pembicaraan
·   Menyampaikan secara lisan isi  rangkuman kepada orang laian


·        Mencatat pokok-pokok pembicraaan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraan)
·        Merangkum seeluruh isi pembicraan dalm beberapa kalimat
·        Menyaampaikan secara lisaan isi rangkumaan kepaaada oranag laain

Siswa dapat:
·        Mencatat pokok-pokok pembicraaan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraan)
·        Merangkum seeluruh isi pembicraan dalm beberapa kalimat
·        Menyaampaikan secara lisaan isi rangkumaan kepaaada oranag laain

Jenis Tagihan:
·       tugas kelompok
·       praktik

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·  tape/ kaset, daftar pertanyaan
·  buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
7.2   Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Novel Indonesia dan novel terjemahan
·   unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
·   unsur ektrinsik  dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

·        Menceritkan isi novel terjemahn daan novel Indonesia
·        unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  novel trjemahan
·        Membandingkan nilaai-nilai novel terjemahan dan novel Indonesia
·        Meengaitkn nilai-nilai novel Indonesia dan novel teerejemhan dalm keehidupan sehari-hari

·   Meenceritakan isi novel terjemahan dan  novel Indonesia
·   Mendisksusikan nili-nili yang ada dlam noveel terjeemahan
·   Membandingkan nilai-nilai (budya, moral, agama, daan lain-lain) dalam novel terjemahan denga novel Indonesia  dengann novel Indonesia
·   Mmengaaitkan nilaai-nilai tersebut dengan kehidupan sehari-hari

·   Meenceritakan isi novel terjemahan dan  novel Indonesia
·   Mendisksusikan nili-nili yang ada dlam noveel terjeemahan
·   Membandingkan nilai-nilai (budya, moral, agama, daan lain-lain) dalam novel terjemahan denga novel Indonesia  dengann novel Indonesia
·   Mmengaaitkan nilaai-nilai tersebut dengan kehidupan sehari-hari

Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·    novel Indonesia
·    novel terjemahan
·    buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
3.1   Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

Paragraf  yang berpola deduktif dan induktif
·      kalimat utama
·      kalimat penjelas
·      kalimat kesimpulan
·      ciri paragraf deduktif/ induktif
·      perbedaan deduktif dengan induktif

·     Membaca intensif untuk mmenemmukan polaa paraagraaf
·       Menuliskan kesimpulaan polaa paraagraf

·   Menemukan pola paragraf deduktif indukttif
·   Menuliskan kesimpulan paragraf deduktif induktif

Siswa dapat:
·   Menemukan pola paragraf deduktif indukttif
·   Menuliskan kesimpulan paragraf deduktif induktif

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·      buku yang terkait dengan paragraf
·      artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.4     Menulis surat dagang (jual-beli)

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli
·      ciri-ciri surat dagang (jual-beli)
·      unsur-unsur surat dagang (jual-beli)


·      cirri-ciri surat perjanjiaan jual-beli
·      Menyimpulkn ciri-ciri surt perjanjian
·      Membuat surat prjanjiaan jual-beli
·   Memperbaiki  surat perjanjian yang  ditulis teman
·     Mendaftar cirri-ciri surat 
niaga
·    Menulis surat perjanjian 
     jual – beli   sesuai dengan  keperluan
·   Memperbaiki  surat niaga  tulisan teman

Siswa dapat:
·     Mendaftar cirri-ciri surat 
niaga
·    Menulis surat perjanjian 
     jual – beli   sesuai dengan  keperluan
·   Memperbaiki  surat niaga  tulisan teman

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan surat-menyurat
·      buku EyD
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
5. Memahami pementasan drama 
5.1     Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
Pementasan drama
·  gerak (action)
·  mimik/ pantomimik
·  blockng
·  tata panggung
·  tata busana
·  tata bunyi
·  tata lampu
·  Meentukan tema drama
·  Menenetukn tokoh daan peraannya dalam drama
·  Meneentukan alur drama
·  Menentukn amanat
·   Meneentukan tokoh dan peerannya
·   Menenetukn konflik dengn menunjukkaan dataa yang mmendukung
·   Meneentukan latar dan peran latar
·   Mmenentukan tema dengan alasan
·   Menentukan pesan dengan data yaang mendudukung
·   Mengaitkn isi drama dengn kehidupn sehari-hari


Siswa dapat:
·   Meneentukan tokoh dan peerannya
·   Menenetukn konflik dengn menunjukkaan dataa yang mmendukung
·   Meneentukan latar dan peran latar
·   Mmenentukan tema dengan alasan
·   Menentukan pesan dengan data yaang mendudukung
·   Mengaitkn isi drama dengn kehidupn sehari-hari

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·  pementasan drama
·  rekaman video
·  buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan
1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan  

Sambutan atau khotbah
· pokok-pokok isi sambutan
· ringkasan sambutan

·     Mencatat pokok-pokok sambutan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan


·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

Siswa dapat:
·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
2
·   tape/ kaset 
sambutan
·      buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar