Total Tayangan Halaman

Sabtu, 10 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KLAS XI SMT I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   2 x 45 menit (1 x pertemuan)

A.                                                                                     Standar Kompetensi    : Mengungkapkan secara lisan informasi hasil   membaca dan wawancara
B.                                                                                       Kompetensi Dasar      : Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca artikel
C.                                                                                       Indikator                     :  1. Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil  membaca
2. Menyampaikan secara lisan isi bacaan disertai pendapat sendiri
      3. Mengemukakan alasan mengapa artikel tersebut dibaca
D. Karakter                             : percaya diri

  1. Tujuan Pembelajaran
     Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
  1. Memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan secara lisan setelah membaca artikel
  2. Mengidentifikasi hal-hal yang ada dalam artikel sebagai bahan pemberian penjelasan secara lisan
  3. Menjelaskan secara lisan isi artikel yang telah dibaca

F.     Materi Pembelajaran
a.       Contoh artikel
b.      Pokok-pokok artikel yang telah dibaca
c.       Teknik menjelaskan secara lisan
  1. Matode
1.  Ceramah
2.  Tanya jawab
3.  Penugasan





  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

I. PENDAHULUAN
   1. Menyiapkan kondisi kelas :
         Guru mengucapkan salam sesuai waktu PBM pagi atau siang, siswa menjawab salam, guru mengecek kehadiran siswa.
    2. Apersepsi
      Siswa menjawab pertanyaan ringan dari guru tentang konsep artikel.


II. PEMBELAJARAN INTI
      Eksplorasi
  1. Siswa membaca artikel yang berjudul ”Ibunda yang Merawat Alam Semesta”
2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara-cara mencari pokok-pokok artikel . (C2)
3. Siswa memahami cara menyampaikan secara lisan artikel yang dibaca (C4)
   Elaborasi
4.  Siswa menyampaikan secara lisan tentang artikel yang dibaca (C4)
5. Siswa mengomentari /menanggapi isi artikel yang dibaca (C4)
6  Siswa mengemukakan alasan mengapa perlu membaca artikel tersebut (C3)










Konfirmasi
1. Siswa menyampaikan simpulan mengenai materi yang baru saja dibicarakan
2. Refleksi: Siswa mengungkapkan manfaat penulisan surat perjanjian jual beli yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (C5).
C. PENUTUP
1. Siswa menerima tugas rumah menulis surat perjanjian jual beli barang yang berbeda dengan yang sudah ditulis (C3).
2. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam yang diikuti oleh siswa-siswi 


H.       Sumber Belajar
                         a.      Bahasa Indonesia kls XI, Erlangga,
                        b.      Peragaan teman/ model
                         c.       VCD
                        d.       Flash disk



I.   Penilaian
    1. Teknik
-          tes lisan
-          tes tertulis
-          pemberian tugas
    1. Instrumen :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.      Persoalan apakah yang diungkapkan dalam artikel tersebut?
2.      Mengapa para ibu disebut sebagai orang yang paling tahu tentang alam?
3.      Kegiatan apakah yang dilakukan Mak Eroh dalam merawat alam?
4.      Bagaimanakah hasil perjuangan yang dilakukan oleh Mak Eroh?
5.      Nilai-nilai apakah yang dapat diambil dari artikel tersebut?


Mengetahui                                                                   ............., ...............
Kepala SMA ...........,                                        Guru Mata Pelajaran,


................                                                          .....................
NIP ....................                                              NIP ....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   4 x 45 menit (2 x pertemuan)

A.  Standar Kompetensi :  Berlatih Menjadi Penyiar Berita
B.  Kompetensi Dasar     :  Membacakan naskah berita
C.  Indikator                    :  1. Membaca naskah berita dengan memperhatikan lafal, intonasi, tatapan mata, dan sikap yang benar.
                                               2. Memberikan tanggapan/komentar pembacaan berita
D. Karakter                        : Percaya diri
                                                    Santun
E.       Tujuan Pembelajaran
Siswa setelah mempelajari materi ini diharapkan:
a. Dapat membawakan peran sebagai seorang pembaca berita yang baik (C3)
b. Dapat memberikan tanggapan / komentar mengenai cara membawakan berita yang baik (C4)
F. Materi Pembelajaran.
a.  Menyimak contoh pembacaan berita

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
































2







A. PENDAHULUAN
    1. Mempersiapkan kondisi kelas untuk proses belajar mengajar seperti mengucapkan salam dan mencatat siswa yang tidak berangkat.
   2. Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai pembaca berita yang dikenal dan paling baik di TV
B. KEGIATAN INTI
   Eksplorasi
1.      Siswa menyimak penjelasan guru bahwa membacakan berita hampir sama dengan membaca naskah yang lain hanya teks berada di layar
2.      Siswa menjawab pertanyaan tentang apa itu membaca berita.
3.      Siswa menyimak tayangan contoh pembacaan berita lewat komputer/LCD
Elaborasi
4.      Siswa berdiskusi dengan guru mengenai cara/gaya membaca berita setelah melihat tayangan
5.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai apa saja yang harus diperhatikan ketika membaca berita
6.      Siswa mempelajari contoh teks berita dan membacakannya di depan kelas
7.      Beberapa siswa mencoba menjadi pembaca berita di hadapan teman-temannya
8.      Siswa lain menanggapi cara pembacaan berita temannya yang baru saja disampaikan.
Konfirmasi
1. Dua siswa diminta maju dan menyimpulkan materi pelajaran yang baru saja dipelajari.
2. Refleksi: Siswa menyebutkan kegunaan materi yang baru saja dibahas dalam kehidupan sehari-hari
C. PENUTUP
1. Siswa mempelajari teks berita dalam buku dan mempraktikan membaca berita pada pertemuan selanjutnya.
5. Guru menutup proses belajar mengajar dengan mengucapkan  salam.

PERTEMUAN 2
A. PENDAHULUAN
1. Guru mempersiapkan kondisi kelas seperti mengecek kehadiran siswa dan mengucapkan salam untuk membuka pelajaran
2. Motivasi
    Siswa menyimak kembali penandasan tentang pentingnya keterampilan membaca berita dalam kehidupan sehari-hari.
3. Apersepsi
    Salah seorang siswa menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan ketika membaca berita
B. KEGIATAN INTI
Eksplorasi
1. Siswa menyimak kembali ulsan guru mengenai cara-cara membaca berita yang baik
2. Siswa mempersiapkan diri untuk maju di depan kelas menjadi seorang pembaca berita sesungguhnya. (Teks telah dipersiapkan sebelumnya)
Elaborasi
3. Siswa bergiliran membaca berita di depan kelas dengan waktu yang dibatasi dan dinilai
4. Siswa menyimak ulasan guru mengenai cara pembacaan berita yang dilakukan para siswa. (Bila waktu tidak cukup, siswa yang belum maju diberi kesempatan maju pada pertemuan berikutnya)
Konfirmasi
1. Salah satu siswa memberikan pendapatnya mengenai pembacaan berita temannya yang berkategori bagus.
2. Refleksi: Siswa menyebutkan kesulitan-kesulitan dalam membacakan berita

C. PENUTUP
1.  Guru bersama siswa membuat rangkuman
3. Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam


3.      Sumber Belajar
                         a.      Bahasa Indonesia kls XI, Erlangga
b    LCD

6.   Penilaian
           a.   Teknik :
                 - tes lisan
                 - penugasan
                 - demonstrasi
                 -  diskusi
b.      Bentuk : 
c.       Instrumen :
1.      Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membaca berita?
2.      Hal-hal apa saja yang harus dihindari ketika membaca berita?
3.Bacalah teks berita dengan memperhatikan intonasi, ucapan, jeda,  dan volume yang tepat


    Mengetahui                                                             ............., ...............
    Kepala SMA ...........                                                Mata Pelajaran,



   ................                                                                  .....................
   NIP ....................                                                      NIP ....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   4 x 45 menit (2 x pertemuan)

i.               Standar Kompetensi  : Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
B.    Kompetensi Dasar      : Menulis surat niaga dan surat kuasa
C.   Indikator                         : (1) Mendaftar bagian-bagian surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa
(2) Menulis surat perjanjian jual-beli
(3) Menulis surat kuasa
(3) Memperbaiki penulisan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa milik teman
Karakter                                  : kreatif dan inovatif, santun
                                                              
D.  Tujuan Pembelajaran
     Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.      Memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat penawaran,  perjanjian jual beli dan surat kuasa
2.      Menuliskan surat penawaran dan perjanjian jual-beli dengan baik
3.      Menuliskan surat kuasa dngan baik
4.      Menyunting penulisan surat penawaran dan perjanjian jual beli dan surat kuasa milik teman

E.   Materi Pembelajaran
1.      Bagian-bagian surat penawaran dan perjanjian jual beli
2.      Bagian-Bagian surat kuasa
3.      Contoh surat perjanjian jual beli tanah
4.      Contoh surat kuasa











4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1
PERTEMUAN 1
A. PENDAHULUAN
   1. Menyiapkan kondisi kelas :
         Guru mengucapkan salam sesuai waktu PBM pagi atau siang, siswa menjawab salam, guru mengecek kehadiran siswa.
    2. Apersepsi
      Siswa menjawab pertanyaan ringan dari guru seputar materi menulis surat perjanjian jual beli.


B. PEMBELAJARAN INTI
Eksplorasi
  1. Siswa menyimak dengan serius contoh surat perjanjian jual beli tanah di modul dan dalam tayangan LCD
2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagian-bagian surat penawaran dan perjanjian jual beli berdasarkan contoh dalam buku.
Elaborasi
3. Siswa memahami cara menulis surat penawaran dan perjanjian jual beli yang ditayangkan dan melakukan tanya jawab dengan guru
4.  Siswa mencoba memperbaiki tata tulis surat penawaran dan perjanjian jual beli dalam modul atau Buku t Kompeten Berbahasa Indonesia
5. Siswa mengomentari hasil perbaikan penulisan surat penawaran perjanjian jual beli tanah yang sudah dilakukan
6  Siswa membuat satu buah surat penawaran dan perjanjian jual beli tanah (atau yang lain) berdasarkan tugas dan arahan guru
Konfirmasi
1. Salah seorang siswa mempresentasikan surat penawaran dan perjanjian jual beli yang ditulisnya di depan kelas
2. Siswa-siswa yang lain memberikan tanggapan/komentar terhadap hasil presentasi temannya














2














3. Siswa menyampaikan simpulan mengenai materi yang baru saja dibicarakan
4. Refleksi: Siswa mengungkapkan manfaat penulisan surat perjanjian jual beli yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari .

C. PENUTUP
1. Siswa menerima tugas rumah menulis surat perjanjian jual beli barang yang berbeda dengan yang sudah ditulis
2. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam yang diikuti oleh siswa-siswi 
PERTEMUAN 2
A. PENDAHULUAN
   1. Menyiapkan kondisi kelas :
         Guru mengucapkan salam sesuai waktu PBM pagi atau siang, siswa menjawab salam, guru mengecek kehadiran siswa.
    2. Apersepsi
      Siswa menjawab pertanyaan ringan dari guru seputar materi menulis surat kuasa
B. PEMBELAJARAN INTI
Eksplorasi
1.  Siswa menyimak contoh surat kuasa di modul dan dalam tayangan LCD
2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagian-bagian surat kuasa berdasarkan contoh dalam modul.
Elaborasi
1. Siswa memahami cara menulis surat kuasa yang ditayangkan dan melakukan tanya jawab dengan guru
2.  Siswa mencoba memperbaiki tata tulis surat kuasa dalam modul atau Buku Paket Bahasa Indonesia
3. Siswa mengomentari hasil perbaikan penulisan surat kuasa yang sudah dilakukan
4  Siswa membuat satu buah surat kuasa berdasarkan tugas dan arahan guru
Konfirmasi
1. Salah seorang siswa mempresentasikan surat kuasa yang ditulisnya di depan kelas
2. Siswa-siswa yang lain memberikan tanggapan/komentar terhadap hasil presentasi temannya
3. Refleksi: Siswa mengungkapkan manfaat penulisan surat kuasa dalam kehidupan sehari-hari

C. PENUTUP
1. Siswa menyampaikan simpulan mengenai materi yang baru saja dibicarakan
3. Siswa menerima tugas rumah menulis surat kuasa yang berbeda dengan yang sudah ditulis
4. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam yang diikuti oleh siswa-siswi

5.      Sumber Belajar
                         a.      Bahasa Indonesia kls XI, Erlangga,
                        b.      Peragaan teman/ model
                         c.       VCD
                        d.       Flash disk

6.   Penilaian
    1. Teknik
    1. tes lisan
    2. tes tertulis
    3. pemberian tugas
    1. Instrumen :
Sebutkan hal-hal yang berkaitan dengan wawancara:
1.      Apa yang dimaksud surat penawaran dan perjanjian jual beli?
2.      Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis surat penawaran dan perjanjian jual beli?
3.      Apakah manfaat surat penawaran dan perjanjian jual beli?
4.      Apakah fungsi surat kuasa?
5.      Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam menulis surat kuasa?
    1. Praktik 
1.      Tulislah sebuah surat penawaran dan perjanjian jual beli mobil. Perhatikan tata cara penulisan surat perjanjian jual beli yang baik!
2.      Tulislah sebuah surat kuasa pengambilan uang tabungan di sebuah bank. Hal-hal yang belum ditentukan, tentukanlah sendiri!


Mengetahui                                                                   ............., ...............
Kepala SMA ...........,                                        Guru Mata Pelajaran,


................                                                          .....................
NIP ....................                                              NIP ....................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   4 x 45 menit (2 x pertemuan)

A.  Standar Kompetensi:   Memahami berbagai hikayat,  novel Indonesia/terjemahan
B.  Kompetensi Dasar :     Menemukan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
C.  Indikator              1. Memahami unsur-unsur intrinsik hikayat
2.      Memahami unsur ekstrinsik hikayat
3.      Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
4.      Menanggapi hasil analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
       Karakter                  : Berfikir logis, ingintahu
D.  Tujuan Pembelajaran
Siswa setelah mempelajari materi ini diharapkan dapat:
a. Memahami unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
b. Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
c. Menanggapi hasil analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat

E.   Materi Pembelajaran.
a.  Unsur-unsur intrinsik hikayat
b. Unsur-unsur ekstrinsik hikayat
c. Langkah-langkah menganalisis hikayat
d. Hikayat “Cerita Nabi Sulaiman Mendengar Kata Landak”

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran































A. PENDAHULUAN
    1. Mempersiapkan kondisi kelas untuk proses belajar mengajar seperti mengucapkan salam dan mencatat siswa yang tidak berangkat.
5. Motivasi:
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai novel Indonesia terkini yang terkenal yang menarik
   3. Apersepsi
 Siswa membedakan antara unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

B. KEGIATAN INTI
Eksplorasi
1.      Siswa membaca kutipan hikayat “Cerita Nabi Sulaiman Mendengar Kata Landak “
2.      Siswa menemukan unsur-unsur intrinsik yang ada dalam kutipan hikayat yang telah dibaca.
Elaborasi
Siswa berkelompok 5-7 orang menganalisis masing-masing dua unsur intrinsik kutipan hikayat yang dibaca.
Konfirmasi
1.       Siswa dari tiap kelompok mempresentasikan hasil analisis dua unsur intrinsik di depan kelas.
2.       Siswa menanggapi hasil analisis unsur intrinsik novel kelompok lain.
3.       Refleksi: Siswa menyimak penjelasan tentang nilai pentingnya pemahaman isi novel Indonesia .

C. PENUTUP
1. Siswa menyimpulkan hasil analisis unsur intrinsik novel dari kelompok-kelompok yang maju dengan penandasan oleh guru (C5).
2. Guru menutup proses belajar mengajar di kelas dengan mengucapkan  salam.

G. Sumber Belajar
                        b.      Bahasa Indonesia kls XI, Erlangga
b.    LCD

H.   Penilaian
           a.   Teknik :
                 - tes lisan
                 - penugasan
                 - demonstrasi
                 -  diskusi
d.      Bentuk : 
e.       Instrumen :
1.      Apa tema yang tersirat dalam hikayat Bayan Budiman tersebut?
2.      Jelaskan bagaimana alur cerita hikayat tersebut?
3.      Siapakah tokoh utama dalam hikayat tersebut?
4.      Bagaimanakah penokohan tokoh utama dalam hikayat tersebut?
5.      Apa amanat yang tersirat dalam hikayat itu?


    Mengetahui                                                             ............., ...............
    Kepala Sekolah,                                                       Guru Mata Pelajaran,



   ................                                                                 .....................
   NIP ....................                                                      NIP ....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   2 x 45 menit (1 x pertemuan)


A. Standar Kompetensi  :  Mendengarkan pidato sambutan atau khotbah
B. Kompetensi Dasar :   Mendengarkan pidato/khotbah
C.  Indikator               : (1) Menentukan pokok-pokok isi pidato
                                   (2) Meringkas isi pidato
     (3) Mengungkapkan kembali isi pokok pidato
            Karakter          : Santun, ingin tahu

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan:
a. Dapat menentukan inti/pokok-pokok isi sebuah pidato (C2)
b. Dapat membuat ringkasan isi pidato (C5)
c. Dapat menyampaikan kembali isi pidato setelah diringkas (C4)
E.   Materi Pembelajaran.
Naskah pidato.

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1
A.Pendahuluan (Pembuka)
1. Menyiapkan kondisi kelas seperti menanyakan siswa yang tidak masuk dan mengucapkan salam
2. Motivasi
    Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai pentingnya menyimak pokok-pokok pidato
3. Apersepsi
    Salah satu siswa menjelaskan perbedaan pidato dan khotbah

B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai seluk-beluk khotbah dan pidato serta cara mencatat pokok-pokok iformasinya
2. Siswa menyimak tayangan pidato yang dibawakan tokoh terkenal/tokoh lain
Elaborasi
3.Siswa membuat ringkasan berdasarkan pokok-pokok informasi dalam pidato yang ditayangkan
4. Siswa menyampaikan hasil ringkasan pidato  di depan kelas dan siswa lain menanggapinya
5. Siswa berdiskusi berdasarkan komentar guru terhadap hasil ringkasan siswa.
Konfirmasi
1. Seorang siswa atas perintah guru menyampaikan simpulan hasil pembelajaran materi mencatat pokok-pokok berita. 
2. Refleksi: Siswa menyampaikan pentingnya mencatat pokok-pokok pidato
C. Penutup
1. Siswa mendapat tugas mencatat pokok-pokok informasi pidato di TV
2. Guru menutup proses belajar mengajar dengan mengucapkan salam.

5.Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Kelas XI
      b VCD
6.   Penilaian
     a.Teknik :
         - tes tertulis
         - penugasan
          - simulasi/ demonstrasi
      b. Bentuk Instrumen
         - tes uraian
         - pekerjaan rumah
        Soal : 1. Catatlah pokok-pokok informasi yang terdapat di dalam tayangan
pidato?
2. Buatlah ringkasan berdasarkan pokok-pokok pidato tersebut!


    Mengetahui                                                             ..............., ..............................
    Kepala Sekolah,                                                      Guru Mata Pelajaran,



   ................                                                                   .....................
   NIP ....................                                                     NIP ....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :   ........................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   XI / I  
Alokasi Waktu            :   2 x 45 menit (1 x pertemuan)


A. Standar Kompetensi    :    Mendengarkan dan Merangkum isi Wawancara
B. Kompetensi Dasar       :    Mendengarkan pembicaraan dalam wawancara
C.  Indikator                      : (1) Mencatat pokok-pokok   pembicaraan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya) (C3))
(2) Merangkum isi pembicaraan dalam beberapa kalimat (C5)
(3) Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman wawancara kepada orang lain (C3)
            Karakter                      : kritis, keratif dan inovatif
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
  1. Memahami teori wawancara (C2)
  2. Memahami isi wawancara (C2)
  3. Membuat rangkuman isi wawancara (C5)
  4. Menyampaikan secara lisan isi wawancara (C3)
  5. Memberikan tanggapan terhadap isi rangkuman wawancara (C4)
E.   Materi Pembelajaran
1.      Teks wawancara yang dapat dibaca/ ditayangkan bertema:
2.                                                                              Penggusuran PKL
3.         Anak Jalanan

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran








A. PENDAHULUAN
   1. Menyiapkan kondisi kelas :
       Mengucapkan  salam
 Mencatat siswa yang tidak   masuk.
    2. Motivasi
        Memberi pertanyaan kepada siswa mengenai isi wawancara yang sedang ramai dibicarakan di TV atau media cetak (Koran)      
  3. Apersepsi
Wawancara (interview)






B. KEGIATAN INTI
Eksplorasi
1.   Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai apa yang dimaksud wawancara.
2.  Siswa mencermati penjelasan guru tentang hal-hal yang diperhatikan dalam menyimak sebuah wawancara.
  3.  Siswa mencermati tayangan VCD berisi wawancara dengan tema “Anak Jalanan”.
4.   Siswa memahami siapa yang terlibat dalam wawancra dan merangkum pokok-pokok wawancara.
Elaborasi
5.   Siswa  membuat rangkuman wawancara yang telah ditayangkan.
7.   Siswa memberi tanggapan terhadap rangkuman wawancara yang temannya berkaitan dengan unsur (5 W + 1 H)
8.   Siswa mencermati ketika guru mengulas dan merangkum tanggapan siswa terhadap rangkuman wawancara yang telah disampaikan
 9.    Siswa memahami bagaimana cara mencatat pokok-pokok wawancara
 10.   Siswa memahami bagaimana cara membuat rangkuman wawancara yang disampaikan oleh pewawancara dan narasumber.


Konfirmasi
1. Salah satu siswa disuruh menyimpulkan materi yang baru saja dibicarakan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa menjawab pertanyaan guru sehingga diketahui apakah siswa sudah memahami materi yang baru dibicarakan
C. PENUTUP

1. Siswa menerima PR dari guru agar merangkum pokok-pokok wawancara yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV.
2. Guru menutup proses pembelajaran dengan mengucapkan salam

H.    Sumber Belajar
              i.                                                      Bahasa Indonesia kls XI, Erlangga
            ii.      LCD.
          iii.      Flash disk.
          iv.      VCD Wawancara

5.   Penilaian
1.      Teknik
a.       tes lisan
b.      tes tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar